Selamat datang di Blog Prodi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Pembelajaran Matematika

Assalamu 'alaikum wr..wb..
Belajar Matematika? oh, alangkah menyenangkannya jika dilakukan dengan mengadakan kuis! begitu teriakan salah satu murid MI.. Oleh karena itu, pembelajaran di Prodi PGMI pun melakukan pembelajaran Matematika dan Pembelajarannya yang diampu oleh Ibu Luluk Maulu'ah dengan metode Cerdas cermat.

Mahasiswa pun sangat antusias dengan metode tersebut. Diharapkan juga kelak para calon-calon guru MI ini mampu memberikan berbagai metode yang meyenangkan guna kemajuan dan peningkatan pemahaman dan prestasi para peserta didiknya..

Pada metode Cerdas cermat ini, Mahasiswa bertindak sebagian sebagai peserta lomba Cerdas-Cermat, Sebagian bertindak sebagai Pembawa acara, dan Sebagian yang lain bertindak sebagai Jurinya.
Acara ini pun berlangsung meriah dan tak terasa waktupun tak terasa cepat berlalu..


1. Persiapan pun dilakukan oleh tim juri dengan baik dan matang. Diharapkan tidak ada kendala saat dilangsungkannya lomba. terlihat beberapa Mahasiswa sibuk menata ruang dan sebagian yang lain menyiapkan soal.


2. Persiapan telah selesai, sang Juri mulai membacakan soal partama.

3. Para peserta siap mendengarkan dengan seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Pasang mata, pasang telinga, dan gak lupa juga siap putar otak! Ready...go.....!!!



4. Sang juri langsung memberikan penilaian saat itu juga.. Yak! Siapa yang paling banyak menjawab dengan benar ya??

5. Duh.. ternyata repot juga ya jadi Juri... persiapannya udah matang, tapi masih juga harus koreksi soal..

6. Para suporter pesertapun tak kalah hebohnya! ayo..ayo....ayo......


7. Dosen pengampu, Ibu Luluk pun hanya terdiam di barisan belakang sambil senyum senyum.."hmm... mahasiswaku udah pada pinter-pinter ya..."

8. Akhirnya saat yang dinanti-nanti pun tiba! kelompok pemenang diumumkan.. Hore saya menang!!! teriak para suporter dari salah satu kelompok yang menang. Pemberian hadiahpun diberikan sebagai suatu penghargaan. Terlihat di foto, hadiah diserahkan langsung oleh Dosen, ketua kelas, dan kelompok Juri. Rasa haru pun menyelimuti kami..






Dari pembelajaran dengan metode Cerdas-cermat diatas, diharapkan mahasiswa mampu menerapkan pembelajaran yang aktif dan menyenanfkan bagi peserta didik, sehingga peserta didik mampu meyerap materi dengan baik dan mendapatkan tujuan akhir yaitu peningkatan prestasi.
Metode cerdas-cermat di atas bukanlah satu-satunya metode pembelajaran yang bisa diterapkan di Sekolah. Masih banyak lagi metode-metode lain yang bisa diterapkan dan dikembangkan. Oleh karena itu, tugas kita sebagai para calon pendidik adalah memperkaya dan selalu berinovasi dalam meningkatkan mutu megajar. Bravo PGMI!

Wassalamu 'alaikum wr. wb...

0 komentar:

Posting Komentar